Sabtu, 17 September 2011

[lanjutan] SUPER-KOMPUTER WATSON

Watson, merupakan super komputer buatan IBM yang berhasil mengalahkan manusia dalam permainan uji kecerdasan  ini sekarang digunakan juga untuk kepentingan medis.

IBM telah menandatangi kerjasama dengan perusahaan asuransi kesehatan WELLPOINT sehingga memungkinkan WELLPOINT menggunakan teknologi pada Watson memberikan saran perawatan atau diagnosa awal kepada pasien. Hal ini menandai pertama kalinya teknologi Watson digunakan dalam aplikasi komersial.
WELLPOINT berharap teknologi Watson bisa membantu meningkatkan kualitas perawatan pasien dan membantu memangkas biaya. Sistem ini akan diperkenalkan tahun depan dengan mulai digunakan oleh perawat yang meninjau permintaan perawatan kesehatan dari dokter.

Aplikasi kesehatan potensial milik Watson telah menjadi bahan diskusi para ahli semenjak debutnya. Menurut American Medical news, IBM telah bekerja sama dengan delapan universitas besar untuk mendapatkan data medis agar dapat dimasukkan dalam basis data Watson dan dapat membantu mencari jalan terbaik bagi para tenaga medis.
"Adalah sesuatu  yang tidak mungkin untuk 20 hingga 30 tahun ke depan bagi manusia memproses informasi yang dibutuhkan dalam praktek pengobatan dengan informasi terbaik yang terpercaya dari (sebuah komputer)",  ujar seorang professor pengobatan klinis, Herbert Chase, dalam surat kabar The Record.
Chase telah bekerjasama dengan IBM untuk mengubah Watson menjadi asisten para dokter yang bisa memproses semua informasi. Dalam uji coba, Chase dan timnya memberikan Watson daftar beberapa gejala penyakit yang mungkin dialami seorang pasien, dan ternyata Watson memberikan hasil yang memuaskan dengan berbagai kemungkinan penyakit apa yang diderita pasien tersebut. Namun bagi Chase dan timnya beberapa kemungkinan itu justru akan menimbulkan ketidakakuratan.
Bagi Chase, Watson didesain bukan untuk menggantikan dokter dalam perawatan one day care. Namun untuk membantu menganalisa data yang mampu melewati kemampuan manusia menganalisa. Chase sendiri menyarankan Watson digunakan untuk perawatan kesehatan pribadi karena pasien tersebut sudah memiliki rekam medis pribadi sehingga hasil analisa Watson akan lebih akurat

IBM juga mengklaim teknologi Watson dapat memproses 200 juat halaman konten dalam kecepatan kurang dari 3 detik. Dengan demikian, Watson dinilai tangguh untuk digunakan meninjau beragam literatur medis.

Arsitektur Komputer
Watson adalah "Question Answering (QA) Computing System" yang dibangun oleh IBM. IBM menjelaskan bahwa Watson sebagai sebuah aplikasi lanjutan dari Natural Languange Processing, Information Retrieval, Knowledge Representation and Reasoning, and Machine Learning teknologi  ke dalam bidang Open Domain Questioning Answer.


o        Software
Software yang dipakai oleh Watson dibuat menggunakan JAVA dan C++ dan menggunakan Apache Hadoop Framework untuk distribusi komputer, Apache UIMA(Unstructured Information Management Architecture) Framework, software DeppQA milik IBM  dan SUSE Linux Enterprise Server 11 Operating System.
Lebih dari 100 teknik yang berbeda digunakan untuk menganalisa bahasa asli(Natural Languange), sumber identitas(Identity Source), menemukan dan meregenerasi hipotesis, menemukan dan menilai fakta-fakta, dan menggabungkan dan memeringkat hipotesis.

Organisasi Komputer
o        Hardware
Watson adalah sistem untuk mengoptimalkan beban kerja  yang didesain untuk analisa yang kompleks. Dibuat memungkinkan untuk mengintegrasi prosessor paralel POWER7 secara besar-besaran dan software DeppQA milik IBM untuk menjawab pertanyaan dibawah 3 detik. Watson dibuat dari kumpulan 90 IBM Power 750 Server (mencakup I/O, network dan kumpulan catatan kontroler dalam 10  tempat) dengan total 2880 inti prosessor POWER7 dan RAM sebesar 16 terabyte. Tiap Power 750 Server menggunakan sebuah 3.5 GHz POWER7 8 core processor dengan 4 thread tiap core.
Menurut John Rennie, Watson dapat memproses 500 Gigabyte, setara dengan jutaan buku per detik.

0 komentar:

Posting Komentar