Sabtu, 22 Oktober 2011

Rahasia Dibalik Topeng Tobi...


Hai, Naruto Lovers...
Pastinya yang satu ini membuat kalian penasaran, siapakah sebenarnya Tobi??
Disini saya akan memberikan beberapa analisis dan sejarah singkat tentang hal ini...
Namun, jawaban tetap berada pada temen-temen sendiri...^^

Tobi adalah anggota akatsuki yang masuk menggantikan Sasori dan menjadi partner Deidara.  Tobi memakai cincin yang berarti “berlian” di jempol kirinya. Tentang siapakah Tobi ini, ini analisisnya...



1.  Uchiha Madara

Uchiha Madara adalah salah satu pendiri Konoha dan pemimpin clan Uchiha yang pertama. Dia merupakan keturunan dari anak pertama Rikudo Sennin. Dia mempunyai adik bernama Izuna Uchiha. Keduanya  merupakan Uchiha pertama yang menguasai Mangekyou Sharingan dan selalu berkompetisi setiap harinya.

Dalam pertempuran abadi nya dengan clan Senjuu, Madara menjadi buta akibat terlalu banyak menggunakan Mangekyou Sharingan. Madara mendapatkan penglihatannya kembali setelah mengambil mata adiknya, Izuna. Membuatnya mendapatkan Eternal Mangekyou dan Izuna pun mati.
Madara menyerang konoha menggunakan kekuatan Kyuubi no Yoko setelah mengontrolnya. Banyak yang mengira Madara mati setelah pertarungannya dengan Hashirama Senjuu(Hokage pertama) di lembah kematian. Singkatnya, Madara berhasil membangkitkan Rinnegan sebelum mati dan diketahui pernah bertarung melawan Oonoki, Tsuchikage ketiga.


     Yang menjadi analisis disini, adalah kemampuan Tobi memanipulasi dimensi ruang dan waktu. Kemampuan yang sama dengan Madara .
     Tobi juga mengetahui rahasia dunia ninja. Dalam hal ini, hanya ninja yang hidup lama saja yang tahu. Itupun tidak sedetail Tobi. Tobi juga mengetahui rahasia kekuatan bijuu dan rahasia kebangkitan jyuubi. Madara tahu tentang hal ini.

     Kisame juga pernah memanggil Tobi dengan sebutan “Mizukage-sama” dan Madara.  Di dunia ninja, yang mampu mengontrol bijuu ada 3 orang. Yaitu Hashirama Senjuu, Uchiha Madara, dan Yagura(Mizukage keempat dan host dari sanbi). Namun, disebut-sebut mizukage keempat dulunya dikendalikan oleh seseorang , itulah Madara. Jadi, bisa dikatakan kalau yang disebut Mizukage oleh Kisame adalah Madara. Itu sebabnya mengapa Yagura yang hanya seorang kage biasa, mampu mengontrol bijuu.
     Persamaan kepribadian antara Tobi dan Madara juga patut menjadi bahan pertimbangan. Ambisi Tobi untuk mengambil alih dunia sangat mirip dengan Madara.
     Hal yang berbeda dari Tobi dan Madara, adalah fisik Tobi yang berbeda dengan Madara. Tobi tidak pernah memperlihatkan eternal mangekyou, melainkan Izanagi, berkebalikan dengan Madara. Tobi juga tidak pernah menunjukkan jurus elemen api, sedangkan Madara sering. Madara juga dibangkitkan kembali oleh Kabuto saat perang ninja keempat. Hal inilah yang membuat kita ragu kalau Tobi itu Madara.



                         2. Obito Uchiha    
Obito Uchiha adalah teman satu team dengan Kakashi, bersam Rin dan Minato Namikaze. Dulunya, Obito adalah Uchiha yang penakut. Dia bahkan hanya mampu mengeluarkan sharingannya ketika berperang melawan pasukan iwagakure.
Bukti yang mengarah kepada Obito adalah Tobi pernah menanyakan keadaan Rin kepada Kakashi. Sedangkan yang mengetahui tentang Rin adalah Team Kakashi sendiri, yaitu Kakashi, Namikaze Minato, dan Obito Uchiha.
Lalu rambut Tobi mirip dengan rambut Obito. Yang menjadi pertimbangan awal kalau Tobi adalah Obito, adalah topeng Tobi yang hanya memperlihatkan 1 mata kanannya. Sedangkan mata kiri Obito diberikan kepada Kakashi, artinya Obito saat ini hanya mempunyai 1 mata kanan. Namun sebenarnya, Tobi mempunyai 2 mata sharingan. hanya saja yang diperlihatkan saat ia memakai topeng hanya 1.

Obito mempunyai kepribadian yang ramah, periang, mirip dengan Naruto dan sangat berbeda dengan Tobi yang ambisius. Tobi juga memperlihatkan badannya yang memakai pakaian hitam tebal. Hal itu menjadi asumsi bahwa tubuh Tobi pernah rusak seperti yang dialami Obito.


3. Perbandingan karakter lain
Karena terlalu banyak karakter yang berpotensi menjadi Tobi, maka saya akan jelaskan secara singkat .
a.       Danzo Shimura
Danzo awalnya masuk kandidat dalam siapa dibalik topeng Tobi ini. Dia juga mentransplantasikan lengan kanan milik Shisui Uchiha dan sel Hashirama pada tubuhnya serta menanamkan banyak mata sharingan termasuk milik Shisui Uchiha di bagian lengan kanannya untuk memperoleh izanagi(kekuatan menciptakan milik Rikudo Sennin), namun dia sudah tersegel oleh Susanoo. Jadi, intinya dia sudah tidak bisa dibangkitkan lagi.
b.      Shisui Uchiha
Shisui adalah genjutsu user terkuat dari Uchiha. Dia sebenarnya tidak mati dibunuh Itachi. Dia memberikan mata sharingan yang 1 kepada Itachi dengan alasan untuk melindungi Konoha, namun yang diketahui saat ini adalah Itachi membunuh Shisui. Dia sengaja melakukan hal itu karena dia ingin mempertahankan kedamaian di konoha tanpa ada yang mengetahuinya, Pahalawan dibalik Bayangan. Itulah jalan ninja yang dia percayai.
Shisui dijuluki “Shisui The Shunshin”. Dapat melancarkan genjutsu tanpa diketahui lawannya. Mata Shisui yang lain dan lengan kanan Shisui diambil oleh Danzou dan menurut keterangan dari Itachi, Shisui sudah mati. Artinya, saat ini Shisui sudah tidak memiliki sharingan lagi.
Disini, shisui memilik kepribadian yang sama dengan Itachi, ingin melindungi konoha dengan jalan mereka sendiri. Hal itu jelas menunjukkan perbedaan karakter dengan Tobi.
c.       Izuna Uchiha
Dia adalah adik dari Uchiha Madara. Dia memberikan matanya kepada Madara yang membuat Madara mendapatkan sharingan abadi. Disini tidak cukup jelas, apakah hanya 1 mata yang diberikan?? Atau keduanya....ini menurut beberapa sumber yang saya cari.

Kita asumsikan saja bahwa yang diambil oleh Madara adalah kedua mata dari Izuna, karena di komik, kedua mata madara adalah eternal mangekyou. Artinya, yang diambil oleh Madara adalah kedua mata Izuna. Sedangkan Tobi punya dua mata sharingan. Kalaupun hanya 1 mata yang diambil, Izuna tidak bisa membangkitkan Rinnegan. Keadaan buta, membuat Izuna kehilangan kemampuannya saat berperang, dan dia akhirnya mati. Yang perlu digaris bawahi, Izuna memberikan sharingan miliknya agar Madara bisa melindungi clan Uchiha. Artinya sedikit banyak dia memiliki idealisme yang mirip dengan Shisui maupun Itachi, yaitu ingin melindungi. Kepribadian yang berbeda dengan Tobi.
d.       Sojobo & Atarashi
           Saya pernah mendengar ada orang yang menjawab ini. Kedua tokoh ini sama sekali tidak berhubungan dengan cerita ini. Ini hanya cerita buatan fans Naruto aja...^^.
e.   Rikudo Sennin
          Well, dia adalah sage of the six path. Dia menguasai baik Sharingan, Rinnegan, dan kekuatan luar biasa lainnya, serta menggabungkan Sharingan dan Rinnegan untuk memperoleh kekuatan "meciptakan" (dari sini diketahui bahwa Sharingan dan Rinnegan saling berhubungan). Dengan kekuatan itu, dia menciptakan Jyuubi dan kemudian menyegel chakra jyuubi dengan memecahnya menjadi 9 ekor bijuu dan fisik jyuubi disegel di bulan. Rahasia inilah yang berusaha diwujudkan oleh Tobi.
      Namun, setelah Rikudo meninggal, tidak ada yang tahu kisah kelanjutannya kecuali pengarang. Jadi, kecil kemungkinan bahwa Rikudo adalah Tobi.
f.    Di bagian ini saya kasih beberapa nama yang sudah tersegel :
      1. Semua hokage dari 1-4 sudah tersegel (oleh Shiki Fujin)
      2. Danzo Shimura (oleh Susanoo)
      3. Orochimaru (oleh Susanoo)



           


So, berdasarkan sumber yang saya jabarkan disini...
Siapakah Tobi menurutmu ??? ^^
Mohon visitor meninggalkan comment untuk evaluasi + jika ada penambahan fakta baru...^^


Reference : 
1. Naruto.wikia.com
2. Naruto manga

0 komentar:

Posting Komentar